Halaman

Rabu, 12 Juni 2019

REMALPRO 1 - Review matakuliah Algoritma dan Pemograman 1 (ALPRO1)

    
REMALPRO

- REMALPRO -

   Hai, selamat datang di REMALPRO alias Review Matakuliah ALPRO ala anak Sistem Informasi!
      Apa kalian sedang belajar tentang Algoritma dan Pemrograman atau dikenal oleh mahasiswa dengan sebutan 'ALPRO' atau lagi nyari tau ALPRO 1 itu apa? Lagi nimbang Mata kuliah ini sebaiknya kamu ambil atau engga di semester ini? Kalau iya, simak review matakuliah Algoritma dan Pemrograman(ALPRO) 1 ala anak Sistem Informasi. Mengingatkan ini adalah honest review dari saya yang pure pemikiran saya dan pengalama saya berkuliah almost 3 tahun ini( ketahuan deh udah tua wkwk)

      Selama aku observasi di lingkungan kampus ku, selain Falkutas Ilmu Komputer atau sebutan fakultas yang berbau komputer-komputeran ternyata mereka udah nerapin matakuliah Algoritma dan Pemrograman(ALPRO) ini ke silabus mereka. Jadi bagi mahasiswa dengan fakultas ini harusnya enggak asing lagi dengan matakuliah ALPRO. Biasanya ya, matakuliah ini dijadiin matakuliah wajib bagi kami yang bersemayam di dunia ilmu komputer. Bisa dibahas sampe 3 semester, lho! yaitu ada ALRPO 1, ALPRO 2, dan ALPRO 3. See bisa diliat berarti ini matakuliah sangat wajib dipahamin.

      Tapi nyatanya, matakuliah ini suka dianggap sepele sama mahasiswa dan lumayan banget temen aku yang sebenernya gak ngerti makna dari belajar ALPRO padahal kita ini kuliah di ilmu teknologi yang sangat erat sama namanya Algoritma. Untuk kalian yang baca artikel ini, yakinin diri kalian kalo mulai dari sekarang kalian harus ngerti apa itu Algoritma dan Pemrograman(ALPRO). Emang sih, matakuliah ini mayan berat, jadi mungkin rada ngantuk juga? wkwk. Taoi mending berjuang diawal dari pada nyesel diakhir kan? Karena menurut aku, ya, belajar ALPRO itu kayak akar di dunia ilmu Komputer ini. Kamu mau buat program apa? mau buat program kayak playlist joox? bisa! pakek aja array. atau mau buat program sederhana buat aplikasi kalkulator? bisa asal kamu tau algoritmanya apa! wkwk

        Nah, kesinggung algoritma, mari aku mengedukasi kalian apa itu algoritma:
Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli dan Secara Umum – Kata Algoritma/Algoritme muncul dari ‘Algoritmi’, bentuk Latin dari Al-Khwarizmi (Abu Abdullah Muhammad ibnu Musa Al-Khwarizmi), seorang matematikawan, ahli astronomi, dan ahli geografi dari Persia. Secara singkat, algoritma adalah susunan logis dan sistematis yang digunakan untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu permasalahan tertentu.
Keberatan kah bahasanya? oke, make it simple sebagai contoh pengertian algoritma yang ada di kehidupan kita sehari-hari itu seperti kita membaca suatu buku panduan untuk merakit barang. Katakanlah kita punya mainan LEGO yang belum dirakit, masalahnya kita tidak mengetahui cara merakitnya. Namun dengan adanya buku panduan kita dapat mengetahui bagaimana cara merakit LEGO tersebut. Cara merakit LEGO tersebut sebernarnya udah menyatakan algoritma, gais. Namun algoritma dalam matakuliah ALPRO ini adalah membuat urutan langkah-langkah logis didalam pembuatan sebuah program aplikasi agar menghasilkan output yang diharapkan

       Jadi buat apa sih belajar ALPRO? ini jikalau pertanyaan ini bersemayam di otak kalian. Jawabannya BANYAK!
Nih, aku sebutin yak manfaatnya :
1.        Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Logis
 Logika dan algoritma pemrograman menjadi suatu hal yang sangat penting dalam membuat atau mengembangkan sebuah produk. Kesalahan logika yang digunakan, tentu akan berakibat fatal terhadap produk yang akan dikembangkan. Selain eror, tentu produk yang dikembangkan tidak akan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

2.        Mengembangkan Cara Berpikir Dengan Sistematis
Dalam membuat sebuah algoritma harus secara urut dan sistematis begitu juga dengan program hasil penerapan dari algoritma, seseorang akan dihadapkan pada baris-baris kode yang harus disusun secara sistematis. Baris-baris kode ini tidak boleh terbolak-balik baik penyusunannya maupun penulisannya, agar program yang dibangun dapat berjalan tanpa permasalahan.

3.        Memperkuat analisis ketika pembuatan program
Ketika membuat algoritma maupun program terkadang muncul kesalahan-kesalahan dalam penyelesaianya, misalnya program yang dibangun eror saat diverifikasi atau di-build. Permasalahan ini akan memerlukan sedikit ketelitian untuk mengatasinya yaitu dengan mengecek ulang kode, dan mencari bagian kode yang menyebabkan terjadinya permasalahan. dengan terbiasa mencari kesalahan dalam menuliskan kode saat belajar, kita akan menjadi terbiasa dan lebih teliti dalam menuliskan kode dalam membuat sebuah program.

4.        Meningkatkan Kemampuan dalam Mengatasi Masalah
               Tujuan utama algoritma adalah menyelesaikan masalah, jadi kita akan dilatih untuk menyelesaikan sebuah permasalahan, baik itu tentang bagaimana program aplikasi harus bekerja maupun bagaimana mengatasi kesalahan-kesalahan yang terjadi. secara tidak sadar, kita juga akan membawa hal ini ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menghadapi berbagai macam permasalahan yang terjadi. Kita secara tidak sadar akan berpikir secara logis dan sistematis

Tambahan Informasi nih, berikut adalah contoh macam-macam bahasa pemrograman yang sering dipakai :
  • Assembly
  • Fortran
  • Cobol
  • Ada
  • PL/I
  • Algol
  • Rubby
  • Phyton
  • Pascal
  • C/C++
  • Basic
  • Prolog
  • LISIP
  • PHP
  • JAVA
Nah, sekian dari review kita tentang matakuliah Algoritma dan Pemograman(ALPRO) ini. Kalo mau request tinggal drop di kolom komen ya! Thank you infomers!

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar