Halaman

Rabu, 12 Juni 2019

REMAPSI - Review Matakuliah Analisis dan Perencanaan Sistem Informasi (APSI)

REMAPSI

- REMAPSI -


      Kali ini saya mau review dulu mata kuliah APSI alias kepanjangan dari Analisis dan Perencanaan  Sistem Informasi. Mengingat ini adalah honest review dari saya yang pure pemikiran saya dan pengalaman saya berkuliah almost 3 tahun di jurusan Sistem Informasi. 

           Yang Jurusan Sistem Informasi harusnya gak asing lagi bila saya mengenalkan istilah APSI. Dulu, saya belajar ini ketika memasuki semester 4. Yang katanya sih, semester 4 itu udah memasuki matakuliah yang berat-berat. Emang berat banget APSI ini menurut aku dimasanya :( gak jarang nilai kami itu C, ini bukan nakut-nakutin loh, ya, tapi APSI ini adalah salah satu matakuliah yang absensinya ada terus di semester pendek. Tau gak artinya apa? wkwk, banyak yang ngulang! 

         Tapi menurut aku di APSI ini meningkatkan daya analisis mahasiswa banget, kenapa? karena banyak sekali pelajaran yang diajarin disini, mulai kita mengidentifikasi masalah, mencari solusi masalah, merumuskan solusi, menjabarkan proses bisnis, dll. Disini juga aku dikenalin yang namanya buat Data Flow Diagram(DFD), Entity Flow Diagram(DFD).  Komponen yang cukup penting yak ini di jurusan SI. Almost semua proposal tugas besar menggunakan DFD dan ERD untuk menjabarkan alur data dari sistem yang kita buat.

Menurut Nasir, Satoto, & Kridalukmana(2014)  Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu model yang menjelaskan arus data mulai dari pemasukan sampai keluaran data.
Menurut salah satu para ahli, Brady dan Loanam (2010), Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebuttuhan data dari suatu organisasi. biasanya oleh system analys dalam tahap analisis persyaratan proyek pengembangan system. 
Bagi kalian yang belum familiar sama bentuk DFD sama ERD aku bakal nunjukin beberapa DFD dan ERD yang  pernah aku buat 

Contoh DFD Level 0

Contoh DFD Level 1

Contoh ERD

      Kalo kalian mau buat seperti ini kalian bisa menggunakan aplikasi VISIO / PowerDesigner untuk DFD dan aplikasi DIA buat ERD. Buat kalian yang baru mau mengambil matakuliah ini aku harap kalian memperhatikan sekali dosen kalian membahas tentang hal ini, ini bakal di pakek sampai kalian Tugas Akhir, kalo gak paham mah kelar deh, bakal susah diakhir 😂😂.

       Jika kalian butuh resume buat mengejarkan laporan APSI kalian, kalian bisa unduh contoh laporan saya disini. Dan untuk materi slide yang bisa kalian pelajari dirumah kalian bisa download slide pptnya disini.

       Semoga REMAPSI atau Review Matakuliah Analisis dan Perencanaan Sistem Informasi yang saya jabarkan cukup jelas diawal. Jika ada yang lebih spesifik kalian bisa nanya langsung personal di akun sosial media yang udah aku sebarin. Thanks for read my Review💕

Tidak ada komentar:

Posting Komentar