Halaman

Rabu, 12 Juni 2019

REMABASDAT 1 - Review Matakuliah Basis Data 1

BASDAT1

- REMABASDAT 1 -

    Sekarang saya mau review dulu matakuliah BASDAT atau kepanjangan dari Basis Data. Mengingat ini adalah honest review dari saya yang pure pemikiran saya dan pengalaman saya berkuliah almost 3 tahun di jurusan Sistem Informasi. Aku mau sharing-sharing dikit nih tentang matakuliah ini. Aku rasa kalo di jurusan yang menganut ilmu komputer pasti gak asing lagi yang namanya tentang Basis Data atau BASDAT ini. Kita singkat aja ya nyebutnya BASDAT. Jadi aku sendiri dulu belajar BASDAT sampe 2 semester, ada BASDAT 1 dan BASDAT 2.

         Apa bedanya BASDAT 1 dan BASDAT 2? nih, siapa tau yang baca ini adalah adek tingkat aku di masa yang akan datang. Tapi berdoa ya, semoga kalian masuk jurusan ini aku udah tamat :( makanya aku sharingnya disini aja hehe. Oke balik ke pembahasan. Yang aku rasain perbedaan BASDAT 1 dan BASDAT 2 dulu yaitu pas BASDAT 1 aku makek MYSQL nah kalo di BASDAT 2 aku diajarin pakek ORACLE. Untuk Tingkat kesusahan tentunya susah di BASDAT 2 karena query nya lebih susah, kayak udah masuk ke trigger, inner join segala macem.

        BASDAT 1 mungkin kalian akan membahas tentang apa itu Basis Data, DBMS, Gimana cara buka database pakek comman prompt, buat database, buat table, isi table, dst. Nanti bakal kita bahas lanjut dipotingan berikutnya. Sekarang kita Review garis besarnya dulu aja.

          "Basis Data(BASDAT) adalah kumpulan table-table yang saling berhubungan dan berelasi satu sama lain yang ada dikomputer, dikelola oleh brainware kemudian dibantu oleh Alat DBMS." - Endang Lestari
 ini pengertian BASDAT yang aku catet di buku catetan kuliah aku 2(dua) tahun silam. Lama juga yah :")

Berdasarkan yang telah saya catat di buku catetan kuliah, Manfaat Basis Data(BASDAT) sebagai berikut:

  • Memberi Kecepatan dan Kemudahan(speed)
  • Efesiensi penyimpanan (space)
  • Akurat(accuracy)
  • Ketersediaan(Availability)
  • Kelengkapan ( Basis data dapat menembahkan jenis data baru dalam database yang dikelola)
  • Keamanan (Security)
  • Kebersamaan Pemakai (Sharability)
  • Mengurangi Penyimpanan data rangkap dan mengatur integrasi
Yaps, mungkin ini sekilas dari review matakuliah Basis Data atau BASDAT 1. Pokoknya ini matakuliah harus kamu kuasain banget, apalagi untuk lanjut ke pemrograman web, ini bakal di pakek buat kamu mau buat web dinamis yang pakek database. Ya.... pokoknya basis data di dunia Sistem Informasi itu adalah makanan pokok.

So, bisa dibilang tidak ada Sistem Informasi yang bisa dibangun tanpa adanya Basis Data. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar